Other Menu

Sunday, May 18, 2014

PERBAIKI KERUSAKAN RESISTOR BLOWER AC MOBIL VIOS LIMO

Secara umum biasanya letak resistor blower atau pengatur kecepatan putaran blower ac ini berada di saluran angin setelah blower sebelum Evaporator yang bertujuan agar resistor blower mendapatkan pendinginan dari hembusan Angin blower.
Jadi resistor blower adalah komponen ac mobil yang bertugas untuk mengatur besar kecilnya hembusan angin ac mobil yang kita rasakan lewat grill di dashboard melalui pengaturan angin yang ada di panel ac.
Gambar letak resistor blower pada ac mobil daihatsu terios
Letak Resistor Blower Daihatsu Terios
Kerusakan pada resistor blower akan membuat angin ac mobil tidak keluar, meskipun ada penyebab lain yang bisa menjadi penyebab angin ac tidak keluar, diantaranya evaporator beku dan ada pula kerusakan pada resistor blower ini pada mobil tertentu menyebabkan ac tidak mau hidup.
Terdapat bermacam-macam tipe resistor blower yang digunakan untuk ac mobil, ada yang berbentuk lilitan kawat seperti yang bisa di temukan di Daihatsu Terios atau Avanza Xenia, berupa resistor yang tertanam pada pcb seperti resistor blower nissan sunny dan timor atau pun berupa FET ( Field Effect Transistor ) untuk mengatur putaran motor blower ac mobil seperti contoh Honda CRV atau Volvo 960 dan kebanyakan kendaraan dengan Automatic Air Conditioner.
Resistor blower toyota limo
Perbaiki resistor blower Toyota Limo
Perbaiki kerusakan resistor blower ac mobil, seperti terlihat gambar di atas, dan pada umumnya sambungan resistor blower ac mobil yang putus ini disebabkan karena panas dan usia.
Cara untuk memperbaiki kerusakan resistor blower pada ac manual seperti contoh gambar di atas adalah bersihkan sisa timah yang masih menempel, gunakan serat kabel untuk mengikat kedua sambungan yang putus tersebut dan terakhir solder sambungan beserta ikatan kawat tembaga.
Pemakaian kawat tembaga atau serat kabel untuk mengikat bertujuan agar solderan tidak lepas lagi karena panas yang ditimbulkan saat arus listrik mengalir ketika blower hidup, meskipun sudah ada angin blower yang mendinginkan resistor blower ini.
Untuk melengkapi artikel ini, gambar diatas adalah skema rangkaian ac mobil pada Soluna Vios yang juga sama dengan Toyota Limo.

Artikel Terkait

0   comments

Post a Comment

Cancel Reply